adipato
Just another WordPress.com site

Garuda Muda Indonesia

Indonesia bermain cukup baik sepanjang 90 menit pertandingan dan bermain sangat menyerang pada babak tambahan selama 30 menit. Tapi apa yang terjadi tak ada gol tambahan yang masuk ke gawang Malaysia. Faktor mental mungkin yang mejadi penentuan di ajang Sea GAMES sepak bola ini, Malaysia lebih baik dalam kekuatan mental bahkan menurut saya sangat baik dibanding Indonesia saat ini. Indonesia bermain dikandang sendiri masih terlihat mentalnya sangat kurang baik, bagaimana dikandang lawan? Saya tidak bisa membayangkannya. Tapi coba kita lihat Malaysia, para pemainnya sangat kuat mental mereka tidak turun. Seperti pertandingan berada dalam kandang mereka sendiri. Saya bukannnya membela negara musuh, tapi saya melihat apa yang saya lihat di dalam sepak bola.

Sekarang kita berpikir tentang sepak bola, jangan campurkan masalah lain dalam hal ini. Memang tak dapat dipungkiri sekarang Indonesia tidak lebih kuat dengan Malaysia. Tapi bukan tidak mungkin Indonesia bisa lebih kuat dari Malaysia, tapi pertanyaannya adalah kapan itu terjadi? Saya berharap itu bisa terjadi secepat mungkin. Caranya? Dengan pembinaan sebaik mungkin mulai dari sekarang terhadap garuda muda saat ini. Karena dengan pembinaan yang baik bukan tidak mungkin garuda muda saat ini bisa menjadi tim yang kuatuntuk masa yang akan datang. Lalu memberi pengalaman yang sangat banyak dan baik, maksudnya melakukan pertandingan-pertandingan melawan tim-tim yang harusnya lebih kuat agar garuda muda kita mendapatkan pelajaran yang bisa membuatnya lebih kuat. Pastinya harus dengan tim yang pemain-pemain yang sama agar garuda muda semakin solid.

Dibalik itu semua harus ada dukungan dari luar lapangan seperti pemerintahan di  bidang olahraga dan PSSI. Mereka harus benar-benar cermat dalam melakukan tindakan perkembangan sepak bola di Indonesia. Karena jika tidak cermat maka Indonesia bisa saja mereka kehilangan potensi-potensi yang sangat bagus kerena faktor diluar lapangan tidak cermat. Saya setuju dengan komentator RCTI jika timnas jangka panjang cukup bagus, meskipun terlihat kuno tapi manfaatnya sangat terasa dilapangan. Bila tidak bisa dalam jangka panjang, mungkin kompetisi dalam lokal harus diperbaiki dan klub-klub harus bisa membina pola individu dan strategi para pemain umumnya dan pemain muda pada khusunya agar ketika pemain berada ditimnas sudah matang dan siap untuk pertandingan Internasional.

Namun dari semua yang saya tulis ini adalah bisa dibilang salah satu kekecewaan saya karena tim kebanggaan saya, tim yang selalu saya impikan ini INDONESIA kalah dikandang sendiri dengan negara tetangga. Dan juga tulisan ini sebagai saran dan kritik saya untuk semua yang menyangkut dalam kepengurusan perkembangan sepak bola yang ada di negeri ini.

FORZA INDONESIA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

FORZA GARUDA MUDA INDONESIA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

No Responses to “Garuda Muda Indonesia”

Leave a Reply

