adipato
Just another WordPress.com site

Kerugian Erupsi Gunung Gamalama Capai Rp400 M

TERNATE – Kerugian erupsi dan banjir lahar dingin Gunung Gamalama, Ternate, Maluku Utara diperkirakan mencapai angka Rp400 miliar. Angka tersebut mendekati jumlah anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) pemerintahan Kota Ternate yaitu sebesar Rp450 miliar dalam setahun.

Perhitungan angka kerugian tersebut didasarkan dari banyaknya pemukiman warga yang rusak dan akan diganti oleh pemerintah. Selain itu sektor infrastruktur ekonomi sosial serta bandar udara Babullah Ternate juga akan diperbaiki dengan uang anggran tersebut. Kerugian banjir lahar dingin tersebut terdiri dari material senilai Rp250 miliar dan kerugian erupsi meletusnya Gunung Gamalama sebesar Rp200 miliar lebih.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Walikota Ternate Arifin Djafar, Selasa (3/1/2012). Arifin mengatakan angka tersebut merupakan total dari berbagai sektor yang terkena dampak dari erupsi dan lahar dingin guna membangunan kembali daerah yang terkena dampak bencana. Namun, sambungnya, jumlah tersebut masih kurang. Oleh karenanya dia meminta Pemprov Maluku Utara dan Pemerintah Pusat untuk membantu dana rekonstruksi tersebut.

“Diperlukan dana sekitar Rp400 miliar sementara angaran pendapanan belanja daerah Kota Ternate hanya Rp450 miliar. Dana sebesar ini tidak akan sanggup untuk dialokasikan kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi kerusakan yang ada. Untuk itu kita berharap kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Pusat agar membantu menangani masalah ini,” tuturnya.

Hingga kini banjir lahar dingin Gunung Gamalama terus menerjang Kota Ternate hingga mengakibatkan ratusan rumah warga di Kelurahan Akehuda, Kota Ternate Utara terendam banjir lumpur mengingat intensitas curah hujan di kota tersebut relatif tinggi. Sementara itu 3.600 pengungsi atau sekira 840 kepala keluarga masih bertahan di sepuluh titik pos pegungsian.

sumber : okezone

No Responses to “Kerugian Erupsi Gunung Gamalama Capai Rp400 M”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: