adipato
Just another WordPress.com site

Masalah Hukum di Indonesia

MASALAH PENEGAKKAN HUKUM DI INDONESIA

Penegakkan hukum di Indonesia sangatlah buruk dari semenjak era reformasi pada tahun 1998 sampai sekarang ini, Padahal yang diperjuangkan dalam reformasi itu adalah penegakkan hukum, HAM, dan Pemberantasan KKN. Saat ini maraknya kasus hukum yang tidak terpecahkan masalahnya dan berlalu saja seiring berjalannya waktu, banyaknya masalah hukum  dari kalangan pejabat tak luput dari sorotan publik misal kasus korupsi, kasus suap, kasus hak asasi manusia yang hingga saat ini tak kunjung terselesaikan.

Karena hal itulah yang membuat masyarakat di seluruh Indonesia sudah kurang percaya lagi terhadap penegakan hukum di Indonesia yang terkesan dibuat buat dan hanya yang mempunyai kekuasaan dan banyak uanglah yang kebal terhadap hukum di Indonesia.

Hukum adalah suatu peraturan – peraturan yang baik secara tertulis maupun lisan yang sifatnya memaksa dan mengatur segala sesuatu agar tercipta apa yang dikehendaki / keadilan oleh suatu golongan, komunitas ataupun kumpulan orang banyak atau warga suatu Negara dan apabila ada orang yang melanggar akan dikenai sanksi yang berbentuk hukuman fisik, denda dengan harta dan lain lainnya.

Hukum atau ilmu hukum adalah suatu system aturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat dan dikukuhkan oleh penguasa pemerintah atau otoritas melalui lembaga atau institusi hukum.

Kesimpulannya yang didapat dari para ahli bahwa ilmu hukum pada dasarnya menghimpun dan mensistematisasi bahan – bahan hukum dan memecahkan masalah – masalah bagaimana hukum tersebut dapat bekerja.

Hukum dapat bekerja apabila terdapat unsur – unsur didalamnya sebagai subjek dan objek dan alat hukum tersebut, dibawah ini adalah ciri – ciri hukum :

Unsur – Unsur hukum meliputi:

         Peraturan tingkah laku manusia dalam bermasyarakat

         Peraturan tersebut dibuat oleh badan yang berwenang

         Peraturan itu secara ummum bersifat memaksa

         Sanksi dapat dikenakan bila melanggarnya sesuai dengan ketentuan atau Perundang – undangan yang berlaku.

Menurut isinya hukum dibagi menjadi :

1.      Hukum Privat adalah hukum yang mengatur hubungan antar perseorangan dengan orang lain.

2.      Hukum Negara (Hukum Publik) dibedakan menjadi hukum Pidana dan Hukum Administrasi Negara.

a.       Hukum Pidana adalah hukum yang mengatur hubungan warga Negara dengan Negara.

b.      Hukum Tata Negara adalah hukum yang mengatur hubungan warga Negara dengan alat perlengkapan Negara.

c.       Hukum Administrasi Negara adalah hukum yang mengatur hubungan antara perlengkapan Negara (Hubungan pemerintah pusat dan Hubungan pemerintah daerah)

Hukum di Indonesia tumpul keatas dan tajam kebawah, banyak contoh yang kita lihat beberapa waktu  ini banyak pejabat pemerintah yang menjadi tersangka kasus korupsi hanya mendapat sanksi hukuman yang  jauh lebih ringan dari tuntutan yang diberikan, Lain halnya dengan seorang yang mencuri sandal jepit yang mendapat sanksi hukuman yang sangat berat, dan sangat tidak adil.

Bukan salah peraturan perundang – undangan yang dibuat melainkan orang yang menjalankan hukum tersebut, pejabat pengadilan yang mudah di Intervensi dari hakim, jaksa dan penuntut umum yang kurang tegas apalagi banyak yang tidak  jujur , dan tidak berani dengan orang yang mempunyai kedudukan atau jabatan tinggi, dan tidak transparan dalam mengungkap semua bukti – bukti yang dianggap benar, cenderung ditutupi agar tersangka yang bersangkutan tidak mendapatkan tuntutan hukum yang berat.

Untuk kedepan Pemerintah harus memperbaiki semua kelengkapan hukum di Indonesia kalau tidak mau Negara ini carut marut, banyak orang yang bohong dan tindakan KKN meraja lela dan untuk kita sebagai warga Negara harus selalu mengawasi jalannya Penegakkan hukum, agar hukum berjalan transparan dan adil bagi semua warga Negara tanpa terkecuali.

Noor Muhammad Adipati

2EB03

Univ. Gunadarma

Ekonomi

No Responses to “Masalah Hukum di Indonesia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: