adipato
Just another WordPress.com site

Flatulensi

Topik : Informasi Unik
Tujuan : Berbagi informasi tentang hal-hal yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh
kebanyakan orang
Judul : Flatulensi

Flatulensi adalah keluarnya gas melalui dubur akibat akumulasi gas didalam perut (terutama dari usus besar atau kolon). Peristiwa keluarnya gas disebut juga buang angin atau sering disebut kentut. Biasanya ditandai dengan rasa mulas diperut. Gas ini terutama berisi nitrogen, oksigen, metan (diproduksi bakteri atau kuman dan mudah terbakar), karbondioksida, hidrogen dll. Gas yang keluar dapat berbau menyengat akibat kandungan gas bergugus indol / hidrosulfida (S-H) yang tercampur.

Penyebab flatulensi atau buang angin selain faktor kandungan dalam makanan yaitu udara yang tertelan, makan yang terburu-buru ( apalagi tanpa dikunyah), meminum softdrink, naik pesawat udara (karena tekanan udara terlalu rendah), sehingga gas didalam usus mengalami ekspansi dan muncul sebagai flatulensi.

Proses terjadinya flatulensi berawal dari proses pencernaan didalam perut kita. Saat proses pencernaan dan penyerapan makanan terjadi didalam usus halus, makanan yang tidak bisa dicerna serta sulit diserap tubuh akan dibuang ke usus besar atau kolon. Didalam usus besar inilah terjadi proses fermentasi yang antara lain menghasilkan sejumlah gas yang dibantu oleh sejumlah bakteri yang bermukim di usus.

No Responses to “Flatulensi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: