adipato
Just another WordPress.com site

AKUNTANSI INTERNASIONAL

Perbandingan 3 Bursa Efek Dunia :

Bursa Saham Shanghai (Shanghai Stock Exchange; SSE) adalah bursa saham terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Ia terletak di kota Shanghai, RRT. Bursa ini didirikan pada 26 November 1990 dan mulai beroperasi pada 19 Desember tahun itu juga. Sebuah lembaga secara langsung diatur oleh China Securities Regulatory Commission (CSRC). SSE mendasarkan perkembangannya pada prinsip legislasi, pengawasan, self regulation-dan standarisasi dalam rangka menciptakan pasar yang efisien, aman, terbuka dan transparan. Isi utama dari pertukaran ini adalah 180 SSE. Bursa saham ini merupakan organisasi nirlaba yang dikelola oleh China Securities Regulatory Commission (CSRC). Indeks pasar saham utama SSE adalah SSE Composite (dikenal sebagai “Shanghai Composite”), yang merupakan indikator paling sering digunakan untuk mencerminkan kinerja pasar SSE. Indeks penting lainnya yang digunakan di Bursa Efek Shanghai termasuk Indeks SSE 50 dan Indeks SSE 180. Pada Mei 2012, sejumlah 932 perusahaan mencatatkan sahamnya di SSE. Pada Desember 2011, harga saham-saham di SSE mencapai AS$2,3 triliun dalam kapitalisasi pasar global. Masa perdagangan di bursa SSE adalah 09:30 hingga 11:30 dan 13:00 hingga 15:00 setiap hari kecuali Sabtu, Minggu, dan hari libur yang ditetapkan pengelola bursa sebelumnya.

Laporan keuangan terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, catatan atas laporan keuangan, dan penjelasan kondisi keuangan. Laporan tambahan diwajibkan untuk mengungkapkan informasi segmen yang konsisten dengan standard internasional. Catatan mencakup pernyataan informasi mengenai kebijakan akuntansi. Metode pembelian wajib digunakan untuk mencatat penggabungan usaha dan goodwill harus dihapusbukukan selama tidak lebih dari 10 tahun. Metode ekuitas digunakan apabila kepemilikan terhadap perusahaan lain melebihi 20%. Biaya histories merupakan dasar untuk menilai aktiva berwujud: revauasi aktiva tidak diperkenankan. Metode depresiasi dipercepat dan unit produksi juga diperbolehkan. FIFO, rata-rata, dan LIFO merupakan metode penentuan biaya yang diperbolehkan dan nilai persediaan diturunkan karena penurunan harga dan keuangan. Aktiva tidak berwujud yang dibeli dicatat berdasarkan harga perolehannya dan diamortisasi selama periode manfaat. Aktiva direvaluasi apabila terjadi perubahan kepemilikan seperti saat sebuah perusahaan Negara diprivatisasikan. Tiga metode akuntansi untuk pajak yang tangguhan yang diperbolehkan: (1) metode arus langsung (flow-through), di mana tidak terdapat pajak tangguhan, (2) metode penangguhan, di mana pajak tangguhan tidak disesuaikan terhadap perubahan tarif pajak yang selanjutnya, dan (3) metode kewajiban, di mana pajak tangguhan disesuaikan terhadap perubahan tarif pajak selanjutnya.

Bursa Saham Toronto (Toronto Stock Exchange (TSX)) adalah bursa saham terbesar di Kanada. Yang kedua terbesar di benua Amerika, dan terbesar keenam di dunia, TSX merupakan bagian dari TSX Group yang memegang ekuitas senior. Bursa Efek Toronto memiliki omset tahunan lebih 1,62 triliun dolar. Bursa Saham Toronto mempekerjakan orang 510. Kantor pusatnya terletak di Toronto, dekat persimpangan Bay Street dan King Street, jantung keuangan kota. Beragam jenis perniagaan dari Kanada, Amerika Serikat, dan negara lainnya disenaraikan di bursa saham tersebut. TSX berkantor pusat di Toronto dan mempunyai kantor-kantor di Montreal, Winnipeg, Calgary, dan Vancouver.

Indeks komposit S&P/TSX naik 438,30 poin menjadi berakhir pada 12.109,26 setelah Federal Reserve AS mengatakan pihaknya memperkirakan untuk mempertahankan suku bunga pada tingkat ultra-rendah untuk dua tahun ke depan karena kelemahan ekonomi. Meskipun Kanada diperkirakan kembali ke anggaran berimbang pada pertengahan dekade, nasibnya terkait erat dengan Amerika Serikat, mitra dagang terbesarnya. Rebound di Kanada terjadi karena saham AS juga ditutup lebih tinggi, dengan Dow melompat hampir empat persen setelah jatuh pada Senin terguncang Standard & Poor’s yang menurunkan pringkat kredit AS dari AAA menjadi AA+ (ant/hrb)

Bursa Saham London (London Stock Exchange, LSE) adalah sebuah bursa saham yang terletak di London. Didirikan pada 1801, bursa ini merupakan salah satu bursa saham terbesar di dunia, dengan banyak pencatatan saham dari luar negeri dan juga perusahaan Britania Raya. Jejak sejarahnya ke 1697 ketika John Castaing, ditempatkan di kantor en Coffee House of-harga saham Johnatan diterbitkan dan bahan baku. Pada Juli 2004 Bursa Saham London pindah dari Threadneedle Street ke Paternoster Square, dekat dengan Katedral St. Paul, dan masih dalam “Square Mile” (sebutan untuk wilayah City of London). Resmi dibuka oleh Ratu Elizabeth II pada 27 Juli 2004. FTSE merupakan indeks yang melacak performa dari pasar London. Saham yang diperdagangkan di LSE menggunakan simbol saham LSE.

Dua sumber utama standar akuntansi keuangan di Inggris adalah hukum perusahaan dan profesi akuntansi. Kegiatan perusahaan yang didirikan di Inggris secara luas diatur oleh aktiva yang disebut sebagai undang-undang perusahaan. Undang-undang perusahaan disesuaikan, diperluas dan dikonsolidasikan sepanjang tahun. Penetapan standar di Inggris berkembang dari rekomendasi atas prinsip akuntansi (yang dikeluarkan oleh Institut Akuntan Berizin Resmi di Inggris dan Wales) hingga komite pembentukan Komite Pengarah Standar akuntansi (Accounting Standards Steering Committee) pada tahun 1970, yang kemudian dinamakan sebagai Komite Standar Akuntansi (Accounting Standards Committee—ASC). ASC mengeluarkan Pernyataan Praktik Akuntansi Standar (Statements on Standards Accounting Practice–SSAP). SSAP dikeluarkan dan dikukuhkan oleh enam badan akuntansi tersebut di atas, di mana salah satunya secara efektif dapat melakukan veto terhadap standar yang ada. Laporan Dearing, yang dikeluarkan pada tahun 1988, mengungkapkan ketidakpuasan denbgan proses penetapan standar yang ada. Undang-undang Perusahaan tahun 1989 merupakan hal penting tidak hanya dalam menggabungkan Direktif Ketujuh UE, tetapi juga dalam meratifikasi rekomendasi Laporan Dearing. Undang-undang tahun 1989 tersebut menciptakan Dewan Pelaporan Keuangan (Finance Reporting Council–FRC) yang baru dengan tugas untuk mengawasi tiga bagiannya:

Badan Standar Akuntansi (Accounting Standards Committee–ASB) yang menggantikan ASC pada tahun 1990, sebuah Gugus Tugas Masalah Mendesak (Urgent Issue Task Force–UITF) dan sebuah Panel Pengawas Pelaporan Keuangan.

Komponen laporan keuangan berupa :

  1.  Laporan Direksi
  2. Neraca
  3. Laporan Laba Rugi
  4. Laporan Arus Kas
  5. Laporan Total Keuntungan dan Kerugian Yang Diakui
  6. Catatan Atas Laporan Keuangan
  7. Laporan Auditor

 Informasi Tentang IFAC dan IASB

  • IFAC (International Federation of Accountants)

Internatinal Federation of Accountants (IFAC) adalah organisasi global untuk profesi akuntansi. Didirikan pada tahun 1977, IFAC memiliki 179 anggota dan asosiasi di 130 negara dan yurisdiksi, yang mewakili lebih dari 2,5 juta akuntan yang bekerja dalam praktek umum, industri dan perdagangan, pemerintah, dan lembaga pendidikan. Organisasi, melalui forum penetapan standar yang independen, menetapkan standar internasional tentang etika, audit dan jaminan, pendidikan akuntansi, dan akuntansi sektor publik. Hal ini juga mengeluarkan pedoman untuk mendorong kinerja berkualitas tinggi oleh akuntan profesional dalam bisnis.

Standar Internasional Internatinal Federation of Accountants (IFAC)

1)      Etika

Etika, kadang-kadang dikenal sebagai etika filosofis, teori etika, teori moral, dan filsafat moral, adalah cabang filsafat yang melibatkan sistematisasi, membela dan merekomendasikan konsep perilaku benar dan salah, sering menangani perselisihan keragaman moral. Istilah ini berasal dari ἠθικός kata Yunani atau etos, yang berarti ” karakter “, ” kebiasaan “, ” praxis “.

2)      Audit atas Laporan Keuangan

Audit atas laporan keuangan adalah verifikasi dari laporan keuangan badan hukum, dengan tujuan untuk menyatakan pendapat audit. opini audit dimaksudkan untuk memberikan keyakinan memadai, tapi jaminan tidak mutlak, bahwa laporan keuangan disajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, dan / atau memberikan pandangan yang benar dan adil sesuai dengan kerangka pelaporan keuangan. Tujuan audit adalah untuk memberikan pemeriksaan independen objektif dari laporan keuangan, yang meningkatkan nilai dan kredibilitas dari laporan keuangan yang dihasilkan oleh manajemen, sehingga meningkatkan kepercayaan pengguna dalam laporan keuangan, mengurangi risiko investor dan akibatnya mengurangi biaya modal dari perencanaan laporan keuangan .

Pendapat wajar tanpa pengecualian auditor adalah opini bahwa laporan keuangan disajikan secara wajar. Pendapat yang memenuhi syarat adalah bahwa laporan keuangan disajikan secara wajar dalam semua hal yang material sesuai dengan US GAAP. Secara internasional, Standar Internasional tentang Audit ( ISA ) yang dikeluarkan oleh Auditing Internasional dan Jaminan Standar Board ( IAASB ) dianggap sebagai patokan untuk proses audit. Hampir semua yurisdiksi membutuhkan auditor untuk mengikuti ISA atau variasi lokal dari ISA

Ada perbedaan penting antara akuntansi sektor swasta dan akuntansi pemerintahan. Alasan utama untuk perbedaan ini adalah lingkungan sistem akuntansi. Dalam lingkungan pemerintah, entitas sektor publik memiliki tujuan yang berbeda, sebagai lawan satu tujuan utama sektor swasta untuk mendapatkan keuntungan. Juga, dalam akuntansi pemerintah, entitas memiliki tanggung jawab akuntabilitas fiskal yang merupakan demonstrasi kepatuhan dalam penggunaan sumber daya dalam konteks anggaran. Di sektor swasta, anggaran merupakan alat dalam perencanaan keuangan dan tidak wajib untuk mematuhi.

Akuntansi pemerintah mengacu pada bidang akuntansi yang secara khusus menemukan aplikasi di sektor publik atau pemerintah. Sebuah bidang khusus akuntansi ada karena:

1)      Tujuan yang laporan akuntansi berbeda secara signifikan dari yang yang praktik akuntansi yang berlaku umum telah dikembangkan untuk di swasta ( bisnis ) sektor.

2)      Penggunaan hasil proses akuntansi pemerintah berbeda secara signifikan

Tujuan entitas pemerintah menerapkan akuntansi dapat diselenggarakan dalam dua kategori utama:

  • Akuntansi kegiatan untuk tujuan akuntabilitas. Dengan kata lain, perwakilan masyarakat, dan pejabat yang ditunjuk oleh mereka, harus bertanggung jawab kepada publik atas kekuasaan dan tugas-tugas yang didelegasikan.
  • Keperluan pengambilan keputusan. Peran pemain yang relevan, terutama pejabat dan perwakilan, membutuhkan informasi keuangan yang dicatat, terorganisir dan disajikan untuk tujuan pengambilan keputusan mereka.

Tujuan-tujuan tersebut menanggung, dalam banyak kasus, tidak ada hubungannya dengan hasil laba bersih tapi agak tentang penyediaan layanan dan efisiensi. Pembayar pajak, kelompok yang sangat signifikan, hanya ingin membayar sesedikit mungkin pajak untuk layanan penting yang uang sedang dipaksa oleh hukum.

Standar akuntansi pemerintah saat ini sedang didominasi oleh standar akuntansi internasional (IFRS) awalnya dirancang untuk sektor swasta. Praktek yang disebut Umumnya Diakui Akuntansi ( GRAP ) yang sedang diberlakukan di sektor publik dari negara-negara seperti Afrika Selatan, salah satu pelopor dalam hal ini didasarkan pada Praktek Standar Akuntansi Keuangan awalnya dikembangkan untuk sektor swasta.

3)      Formasi

Penciptaan PIOB pada tahun 2005 dipicu oleh serangkaian skandal korporasi termasuk runtuhnya Enron dan WorldCom di Amerika Serikat dan Parmalat di Eropa. Ini merusak kepercayaan publik dalam pelaksanaan dan kompetensi praktisi audit, yang mengarah ke permintaan untuk perbaikan dari IFAC termasuk badan pengawas independen untuk memastikan bahwa semua standar dalam kepentingan publik.

Dewan didirikan melalui upaya kolaboratif oleh anggota komunitas regulasi keuangan internasional, bekerja sama dengan IFAC, yang dipimpin oleh Michel Prada, Ketua French Pasar Keuangan Authority dan Wakil Ketua Organisasi Internasional Komisi Efek ( IOSCO ) Panitia Teknis. Ketua pertama adalah Stavros Thomadakis, seorang Profesor Finance di Universitas Athena yang sebelumnya Ketua Komisi Pasar Modal Hellenic.

  • IASB (International Accountants Standart Board)

International Accounting Standards Board (IASB) adalah akuntansi penetapan standar badan lembaga IFRS. IASB didirikan pada tanggal 1 April 2001 sebagai penerus Komite Standar Akuntansi Internasional (IASC). Hal ini bertanggung jawab untuk mengembangkan Standar Pelaporan Keuangan Internasional (nama baru untuk Standar Akuntansi Internasional yang dikeluarkan setelah 2001), dan mempromosikan penggunaan dan penerapan standar-standar ini.

1.      Penetapan Standar Badan Lembaga IFRS

Suatu prinsip yang memandu dan standarisasi praktek akuntansi. Prinsip Akuntansi yang berlaku umum (GAAP) adalah kelompok standar akuntansi yang diterima secara luas sesuai dengan bidang akuntansi. Standar akuntansi diperlukan sehingga laporan keuangan bermakna di berbagai macam bisnis, jika tidak, aturan akuntansi perusahaan yang berbeda akan membuat analisis komparatif tidak relevan.

Standar Pelaporan Keuangan Lembaga Internasional (IFRS Foundation) adalah organisasi nirlaba akuntansi. Tujuan utamanya mencakup pengembangan dan promosi Standar Pelaporan Keuangan Internasional (SAK) melalui Dewan Standar Akuntansi Internasional (IASB) yang mengawasi yayasan ini sebelumnya bernama Komite Standar Akuntansi Internasional (IASC) Yayasan sampai penggantian nama pada tanggal 1 Juli 2010, dan pada 2012 diatur oleh dewan pengawas 22.

Lembaga IFRS menetapkan SAK dan interpretasi mereka, yang meliputi berikut ini:

  • Standar Pelaporan Keuangan Internasional (SAK)
  • Standar Akuntansi Internasional (IASs);
  • Standar Pelaporan Keuangan Internasional Interpretasi (IFRICs)
  • interpretasi Komite Interpretasi Standing (SICs).

2. Internasional Komite Standar Akuntansi ( IASC )

Internasional Komite Standar Akuntansi ( IASC ) didirikan pada bulan Juni 1973 di London dan digantikan oleh Dewan Standar Akuntansi Internasional pada tanggal 1 April 2001. bertanggung jawab untuk mengembangkan Standar Akuntansi Internasional dan mempromosikan penggunaan dan penerapan standar-standar ini.

IASC didirikan sebagai hasil dari kesepakatan antara badan-badan akuntansi di negara-negara berikut:

a. Australia (Institute of Chartered Accountants di Australia (ICAA) dan CPA Australia (sebelumnya dikenal sebagai Australian Society of Practising Bersertifikat Akuntan ( ASCPA ))

b. Kanada (Canadian Institute of Chartered Accountants (CICA)

c. France (Ordre des Ahli Comptable et des Comptables Sepakati (Order Ahli Akuntansi dan Akuntan Berkualitas))

d. Jerman (Institut der Wirtschaftsprüfer di Deutschland (IDW) ( Institute of Auditor di Jerman ) dan Wirtschaftsprüferkammer ( WPK) (Chamber of Auditor))

e. Jepang Nihon Kouninkaikeishi Kyokai (Jepang Institut Akuntan Publik, JICPA))

f. Meksiko (Instituto Mexicano de Contadores Publicos (IMCP) ( Meksiko Institut Akuntan Publik) (dihapus dari papan pada tahun 1987 karena non-pembayaran iuran, dilanjutkan pada tahun 1995)

g. Belanda (Nederlands Instituut van Registeraccountants (NIVRA) ( Netherlands Institute of Registered Auditor))

h. Inggris dan Irlandia (dihitung sebagai salah satu) (Institute of Chartered Accountants di Inggris dan Wales (ICAEW), Institute of Chartered Accountants of Scotland (ICAS), Institute of Chartered Accountants di Irlandia (ICAI), Asosiasi Chartered Certified Accountants (ACCA), Chartered Institute of Management Akuntan (CIMA), dan Chartered Institute of Public Finance and Accounting (CIPFA)

i.   Amerika Serikat (American Institute Akuntan Public (AICPA)

2. International Financial Reporting Standards ( IFRS )

A.    Pengertian International Financial Reporting Standards (IFRS)

International Financial Reporting Standards (IFRS) yang dirancang sebagai bahasa global umum untuk urusan bisnis sehingga rekening perusahaan dapat dimengerti dan dapat dibandingkan melintasi batas internasional. Mereka adalah konsekuensi dari meningkatnya kepemilikan saham internasional dan perdagangan dan sangat penting bagi perusahaan yang memiliki transaksi di beberapa negara. Mereka semakin menggantikan banyak standar akuntansi nasional yang berbeda. Aturan yang harus diikuti oleh akuntan untuk menjaga Pembukuan yang sebanding, dimengerti, dapat diandalkan dan relevan sesuai dengan pengguna internal maupun eksternal.

IFRS dimulai sebagai upaya untuk menyelaraskan akuntansi di Uni Eropa tetapi nilai harmonisasi dengan cepat membuat konsep yang menarik di seluruh dunia. Mereka kadang-kadang masih disebut dengan nama aslinya Standar Akuntansi Internasional (IAS). IAS diterbitkan antara tahun 1973 dan 2001 oleh Dewan Komite Standar Akuntansi Internasional (IASC). Pada tanggal 1 April 2001, baru Dewan Standar Akuntansi Internasional (IASB) mengambil alih dari IASC tanggung jawab untuk menetapkan Standar Akuntansi Internasional. Selama pertemuan pertama Dewan baru diadopsi IAS dan standar yang ada Standing Committee Interpretasi (SICs). The IASB terus mengembangkan standar menyebut standar baru Standar Pelaporan Keuangan Internasional.

Dengan tidak adanya Standar atau Interpretasi yang secara khusus berlaku untuk transaksi, manajemen harus menggunakan penilaian dalam mengembangkan dan menerapkan suatu kebijakan akuntansi yang menghasilkan informasi yang relevan dan dapat diandalkan. Dalam membuat penilaian itu, IAS 8,11 mengharuskan manajemen untuk mempertimbangkan definisi, kriteria pengakuan, dan konsep pengukuran untuk aset, kewajiban, pendapatan, dan biaya.

B.     Lembaga International Accounting Standards Board (IASB)

Pada tanggal 31 Desember 2001, Standar Akuntansi International Foundation (IASF) didirikan sebagai organisasi bebas pajak di negara bagian AS dari Delaware . Pada tanggal 6 Februari 2001, International Financial Reporting Standards Foundation juga dimasukkan sebagai pajak dibebaskan organisasi di Delaware . The International Accounting Standards Board (IASB) adalah entitas induk dari IFRS Foundation, akuntansi standar – setter independen yang berbasis

Struktur IASB memiliki fitur utama sebagai berikut: IFRS Foundation adalah sebuah organisasi independen yang memiliki dua badan utama, Pengawas dan IASB, serta IFRS Dewan Penasehat dan Komite Interpretasi IFRS (dahulu IFRIC). IASC Yayasan Pembina menunjuk anggota IASB, melakukan pengawasan dan meningkatkan dana yang dibutuhka , tetapi IASB bertanggung jawab untuk menetapkan Standar Pelaporan Keuangan Internasional (standar akuntansi internasional).

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Bursa_efek_Toronto

http://id.wikipedia.org/wiki/Bursa_Saham_Shanghai

http://id.wikipedia.org/wiki/Bursa_efek_London

dan berbagai blog dari search engine Google

No Responses to “AKUNTANSI INTERNASIONAL”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: